Bismillahirrahmaanirrahimi

Terimakasih karena saudara/i telah mengunjungi blog saya

Rabu, 17 Maret 2010

pohon 2

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya(menjulang) ke langit” (QS : Ibrahim ayat 24)

Orang yang baik ibarat pohon yang akarnya kuat serta kokoh, buahnya manis, baunya harum, tapi untuk menjadi seperti itu harus tau caranya dan dibutuhkan pemupukan, serta penyiraman. Lalu apa yang kita pupuk, kita siram? Yang kita pupuk dan kita siram adalah ruhiyah kita. Kalau tidak kita pupuk kita siram pohon akan kurus, tidak berbuah lebat bahkan akan mati.
Kebutuhan ruhiyah kita harus kita utamakan. Jika kebutuhan kita seperti Facebookan, ngopi, bercanda kita penuhi kenapa kebutuhan ruhiyah kita tidak kita perhatikan. Kebutuhan ruhiyah jangan dibiarkan, kalau dibiarkan lama – lama mengeras membatu lalu wallahu’alam bisshawab. Sesibuk apapun kebutuhan ruhiyah kita juga perlu dipenuhi. Seperti saat kita sibuk tapi jika pengen (mohon maaf) BAB kita masih sempat. Harus seimbang antara kebutuhan dasar kita dengan kebutuhan ruhiyah kita. Kalau kebutuhan ruhiyah tidak dipenuhi kita khawatir ubuddunya kita akan tinggi dan lupa dengan akherat. Mengelola diri kita untuk memenits waktu untuk Allah SWT seperti meminits uang saku kita. Kalau merasa memenuhi hak – hak ruhiyah kita kurang ya kita usaha agar kebutuhan ruhiyah kita bisa maximal sehingga bisa terpenuhi.
Bagaimana kita menjadi seperti pohon diatas menjulang tinggi menghasilkan buah yang manis, harum, enak, dan disukai, orang akan nyaman dibawahnya. Jangan jadi pohon yang kurus mudah terombang – ambing pyak kena angin ikut sana, ikut sini, mudah goyah dan terpengaruh. Jangan sampai kesenangan kita membuat kita lupa diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar